Bagaimana Cara Mengganti Templat Blog Yang Responsive, SEO Friendy, Fast Load dan Simple? - Mencari Pendidikan

Bagaimana Cara Mengganti Templat Blog Yang Responsive, SEO Friendy, Fast Load dan Simple?


Responsive itu apa?

Responsive - Secara sederhan, blog yang menggunakan template responsive jika kunjungi via handphone atau tablet tampilannya tidak berantakan. Jadi tampilan via laptop sama dengan via handphone atau tablet, hanya ukurnnya saja yang berubah.

Seo Friendly itu apa?

Seo Friendly - Untuk masalah ini jujur blog saya sendiri juga belum SEO (Search Engine Optimization) , masalah SEO atau tidak saya tidak tahu. Namun, untuk check blog kita SEO atau tidak bisa kita test dengan menggunakan website ini: http://www.chkme.com/

Untuk Template Blogku design by Mas Sugeng yang digunakan pada template ini cek SEO nya mencapai 100%, jika tidak percaya kalian bisa test sendiri blog ini.

Untuk tambahan juga, jik kalian menggunakan template blog yang belum 100%, bisa gunakan META tag yang SEO Friendly seperti pada blog ini. Saya tambahkan META tag, dan akhirnya SEO menjadi 100%.  Tapi menurut saya sendiri, untuk website test SEO itu tidak menjamin blog kita akan SEO atau tidak.


Simple, maksudnya?

Templat blog yang Simple - Point ini yang sebenarnya saya incar setelah Responsive, SEO Friendy, kenapa? Karena pengunjung itu lebih menyukai tempat blog yang tidak ribet, tidak terlalu banyak widget yang nantinya malah membuat pengunjung tidak betah berlama lama stay diblog kita.

Fast Load, nah ini apalagi maksudnya?

Loading cepat - Setelah menemukan blog yang memenuhi kriteria diatas, selanjutnya kita mencari template blog yang loadingnya cepat, jangan mencari template blog yang loadingnya lama. Mengapa demikian? Sama saja halnya seperti Point diatas ini, kalo loading blognya lama pengunjung tidak betah berkunjung. Yang ada nanti malah pindah ke toko sebelah. Jangan Terlalu banyak Menggunakan Widget dan saran untuk tampilan post di halaman utama sebaiknya 4-5 saja, biar loading tidak begitu lama.

Untuk menge-check kecepatan blog kalian bisa gunakan website ini: https://gtmetrix.com



Template Blogku Design By: Mas Sugeng

Makalahisme - tidak selamanya blog ini selalu berisikan tentang pelajara-pelajaran sekolah atau kampus saja, karena blog juga sebenarnya media untuk belajar kita sebagai pemilik blog atau para pengunjung yang berkunjung ke blog kita yang tujuan untuk mencari info yang mereka cari.

Ketika SMA saya juga diberi tugas oleh guru untuk Membuat Blog Untuk Tugas Teknologi Informasi dan Komunikasi dan itu saya membuatnya secara otodidak, saya belajar dari blog atau website yang menjelaskan tentang blog. 

Dan sampe sekarang saya juga masih bermain dengan blog. Blog itu tempat untuk meng-ekspresikan diri kita, sebagai tempat curhat kita, sebagai tempat mencari pahala dan blog sebagai tempat untuk memberi informasi kepada orang lain.


Template Blogku menurut saya pribadi, sudah cukup mencakup semua kriteria diatas. Namun hanya saja, masih ada beberapa code yang error ketika di test di Structure data testing tool. Saya sudah mencoba untuk mengutak atiknya, namun masih belum bisa menyelesaikannya. Semoga saja mas sugeng bisa berbagi bagaimana cara menyelesaikannya.
Untuk template ini, kalian bisa download lansung dari website sugeng.id .

Setelah saya download template ini, apa yang harus saya lakukan?

Pertanyaan yang sama ketika pertama kali saya bermain blog, wajar saja jika belum mengetahuinya. 
Yang perlu kalian lakukan ketika sudah mendownload Template Blogku yaitu extract filenya (jika masih dalam file .zip atau .rar), jika dalam file .xml tidak perlu diutak atik.
  1. Kunjungi Blogger.com lalu log in dengan akun kalian
  2. Setelah masuk ke dashboard, kalian pilih menu Template, kemudian  klik menu Cadangkan atau pulihkan.
  3. Klik Choose File
  4. Lalu pilih file yang berexentensi .XML saja. Ingat yang .XML saja.
  5. Tunggu proses selesai, dan blog kalian templatenya sudah ganti.

Selanjutnya, apa yang harus dilakukan?

Setelah mengganti template, setidaknya kalian mengerti tentang Inspect Element dan HTML.
Perhatian point-point berikut ini:


  • Ubah Pages sesuai dengan keinginan kalian. Lihat Header pada blog ini. Isinya Home, Makalah, Soal-soal dan semacamnya lah
Kalian bisa edit itu pada template bawaan dari mas sugeng, caranya mudah kok. 
  1. Siapkan Laman yang ingin kalian tambahkan di Header. Contoh saya disini Daftar Isi. Jadi, sebelum edit Pages kalian buat laman dulu, jika sudah Save.
  2. Buka Dashboard, lalu pilih menu Tata Letak, kemudian Klik Widget Pages > klik Edit
  3. Akan muncul window pop-up, kalian klik Tambahkan Tautan Eksternal.
  4. Masukkan judul Laman yang ingin ditampilan, di blog ini contoh saya beri Judul Laman Daftar Isi , kemudian masukkan alamat Laman tersebut.

Katanya, dengan menambahkan About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer itu akan lebih terlihat Profesional? Bagaimana Cara membuatnya?

Nah untuk template ini, saya letakkan itu semua di bagiian footer. Silahkan kalian cek pada blog ini dibagian footer, sudah saya pasang.
Caranya bagaimana?

Perhatikan:

  1. Buka dashboard blog kalian
  2. Pilih menu Template lalu klik Edit HTML.
  3. Untuk mempermudah pencarian, kalian tekan tombol CTRL + F pada kolom tersebut. Selanjutnya ketik "Copyright".

  • <a href='http://makalahisme.com' target='_blank' title='Home'>Home</a> |  
  • <a href='http://www.makalahisme.com/p/tentang-catatan-pikiran.html' target='_blank' title='About'>About</a>  |
  • <a href='http://www.makalahisme.com/p/contact-me.html' target='_blank' title='About'>Contact</a>  
  • <a href='http://www.makalahisme.com/p/privacy-policy.html' target='_blank' title='Kebijakan Privasi'>Privacy Policy</a> | 
  • <a href='http://www.makalahisme.com/p/disclaimer.html' target='_blank' title='Disclaimer'>Disclaimer</a> | 
  • <a href='http://www.makalahisme.com/p/terms-of-service-for-catatan-pikiran-if.html' target='_blank' title='Terms of Servis'>ToS</a> 
Tulisan yang berwarna biru itu kalian ubah dengan Link blog kalian sendiri.
Untuk membuat Privacy Policy, Disclaimer dan Tos kalian bisa buat dengan mudah disini: http://www.privacypolicyonline.com/

Code diatas kalian letakkan dibagian setelah titik dua (:)

<!-- footer dibuka --><footer id='footer-wrapper'><div id='footer-box'> <div class='footer-kiri'>Copyright &#169; 2015 <a href='http://makalahisme.com' rel='copyright'>Makalahisme</a> : 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Mengganti Templat Blog Yang Responsive, SEO Friendy, Fast Load dan Simple?"

Post a Comment